Mentan Ekspor Langsung Jagung dari Pelabuhan Makassar

09 Maret 2018 | Rilis Berita

INAPORT4 - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman didampingi Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan Direktur Utama PT Pelindo IV (Persero), Doso Agung melakukan ekspor perdana sebanyak 60.000 ton komoditas jagung ke negara tetangga Filipina melalui Pelabuhan Makassar, Jumat (9 Maret 2018).
 
Selain dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Selatan, kegiatan yang berlangsung di Gudang 104, Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar ini juga dihadiri Komisaris PT Pelindo IV (Persero), Susilo M.T. Harahap, Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan Pelindo IV, Farid Padang, Direktur Keuangan Pelindo IV, Yon Irawan, GM Cabang Makassar, Aris Tunru dan GM Terminal Petikemas Makassar, Yosef Benny Rohy.
 
Selanjutnya, Menteri Pertanian dan Gubernur Sulsel didampingi Dirut Pelindo IV meresmikan Kantor Instansi Sertifikasi Komoditi Strategi, yang berlokasi di Lantai 1 Kantor Terminal Petikemas Makassar (TPM). 
 
Keberadaan kantor yang terletak di area Pelabuhan Makassar tersebut, diharapkan lebih memperlancar dan memudahkan para eksportir untuk melakukan sertifikasi komoditas strategi miliknya, yang akan dikirim ke luar negeri. Dari pengurusan dokumen yang biasanya dalam hitungan hari, dengan adanya kantor tersebut menjadi hanya dalam hitungan jam bahkan menit.